You are here: Home > Lecture > IFRS ANTARA SIAP DAN TAK SIAP

IFRS ANTARA SIAP DAN TAK SIAP

Membicarakan IFRS (Internasional Financial Reporting Standard) mungkin bukan hal asing lagi bagi kita beberapa tahun belakangan ini, terutama bagi kalangan Akedemisi Akuntansi, Praktisi Akuntansi dan Multinasional Company. Banyak artikel dan tulisan yang sudah membahas ini, banyak yang mengerti dan banyak juga tidak paham, gebrakan yang paling jelas terlihat adalah bahwa Dewan Standar Akuntasi Keuangan (DSAK) kita di IAI bekerja keras berusaha menyesuaikan PSAK kita dengan IFRS. Tindakan ini sepatutnya kita dukung terutama dikalangan Akademisi, Praktisi dan corporate sehingga konvergensi standar yang di keluarkan benar-benar sesuai dan bisa diterapkan.

Terlepas dari hal ini kenyataan nyata dilapangan kita lihat bahwa ternyata masih banyak  kalangan akademisi dan Praktisi kita yang belum paham dengan IFRS, apakah hal ini dikarenakan kurangnya sosialiasai atau dikarenakan memang standar tersebut cukup sulit untuk dipahami atau memang minat belajar orang kita yang kurang sehingga tidak peka terhadap perubahan standar dilingkungnnya. Bukti nyata lainya dari 100 mahasiswa yang saya survey di salah satu Universitas besar di jakarta hanya 1% yang mersa pernah mendengar istilah IFRS dan sisanya menyatakan tidak tau. Mungkin kenyataan ini butuh perhatian kita semua terutama kalangan Pendidik Akuntansi untuk tidak capek mensosialisasikan IFRS kepada mahasiswanya disela-sela jam pengajarannya. Jika kita biarkan hal ini berkembang begitu saja, makan sumberdaya manusia kita terutama di bidang akuntansi bisa dikatakan tidak siap dalam menghadapi perubahan standar yang mendunia ini.

Sebenarnya jika kita mau sedikit meluangkan waktu untuk memahami dan mensosialisasikan standar ini banyak media yang bisa kita gunakan terutama media di dunia maya sepertis Facebook, Twitter, Blog dan lain sebagainya. Sehingga teman-teman kita yang masih membutuhkan informasi dan sangat erat singgunyanya dengan perubahan tersebut dengan muda dapat memperoleh informasi.

sebagai contoh di bawah ini ada beberapa link publikasi di internet yang cukup bagus untuk menunjang menyebaran informasi perubahan standar dan perkembangannya:

http://www.facebook.com/Hidayatullah.jr?success=1#!/group.php?gid=169283734970

http://www.facebook.com/Hidayatullah.jr?success=1#!/group.php?gid=192540028138

http://www.iasb.org/IFRSs/IFRs.htm

http://www.deloitteifrslearning.com/

www.ifrs.com

dan masih banyak lagi situs yang membahas tetang IFRS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Responses to “IFRS ANTARA SIAP DAN TAK SIAP”

  1. IFRS says:

    Thanks again for your posts relating to such topics. The open discussion on accounting standards has a lot of merit. There are a number of different sides to the issue, and as such it is great there is this website.

    Have you considered the upside which can be expected by those converting to IFRS?

  2. Advantageously, the article is actually the greatest on this laudable topic. I concur with your conclusions and will thirstily look forward to your forthcoming updates. Just saying thanks will not just be sufficient, for the wonderful clarity in your writing. I will instantly grab your rss feed to stay informed of any updates. Authentic work and much success in your business endeavors Stocks Forum

Leave a Reply